Saturday, 4 February 2017

Fungsi dan Tanda - tanda Orang yang Beriman Kepada Qada dan Qadar

Tags


Fungsi Beriman Kepada Qada dan Qadar
Sejak alam ini diciptakan, Allah sudah menentukan hukum –hukumnya, sehingga keadaan alam ini berjalan dan berlaku sesuai hukum – hukum yang ditetapkan-Nya. Mereka patuh dan tunduk terhadap hukum yang telah ditetapkan oleh Allah swt. Hal ini sesuai dengan firman-Nya di dalam Al-Qur’an Surah An-Nahl: 12.

وَسَخَّرَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ وَالنُّجُومُ مُسَخَّرَاتٌ بِأَمْرِهِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya
:
Dan Dialah yang menundukan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu dan bintang – bintang yang ditundukan untukmu dengan perintah-Nya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah benar – benar ada tanda – tanda (Kekuasaan Allah) bagi kamu yang memahaminya.

Tidak ada suatu kejadian pun di dunia ini yang lepas dari qada dan qadar Allah swt. Seluruhnya terjadi sesuai dengan sunnatullah atau yang sering disebut dengan hukum alam ini diatur oleh allah dengan ketetapannya, sehingga berjalan tetap, maka manusia dapat melakukan pengkajian – pengkajian terhadap gejala – gejala alam. Dengan meneliti dan mengkaji, maka manusia dapat memperoleh ilmu pengetahuan alam. Oleh karena itu, beriman kepada qada dan qadar Allah memiliki fungsi sebagai berikut.
1. Manusia mengakui dan meyakini adanya ketetapan – ketetapan Allah terhadap alam semesta ini yang disebut sunatullah. Dengan adanya sunnatullah ini manusia dapat memanfaatkan alam dan dapat mempelajari dan meneruskan teri ilmu pengetahuan, seperti gravitasi oleh Issac Newton, teori relativitas oleh Albert Einsten.
2. Manusia berkewajiban untuk berusaha. (Q.S. Ar – Ra’d: 11, An – Najm: 39, Al – Kahfi: 29, Al – Baqarah: 286, Q.S Ali “Imran ayat 3 dan 29).

Tanda – Tanda Orang Beriman kepada Qada dan Qadar
Beberapa tanda keimanan kepada qada dan qadar adalah sebagai berikut :
1. Meyakini Sunatullah
Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan memahami bahwa segala sesuatu tercipta dan terjadi dengan ketentuan Allah swt. keteraturan yang ada di alam semesta dipelajari oleh manusia sebagai hukum alam yang merupakan sunatullah.
2. Melakukan Ikhtiar yang terbaik
Sesuatu yang kita harapkan tidak akan datang dengan sendirinya, namun harus diusahakan dengan sungguh – sungguh, sepenuh hati, dan semaksimal mungkn sesuai dengan kemampuannya. Ikhtiar adalah usaha sungguh – sungguh lahir batin untuk mencapai hasil yang di cita – citakan. Seseorang hanya akan memperoleh hasil sesuai dengan usahanya yang disertai ilmu dan doa.
3. Bertawakal kepada Allah
Tawakal adalah berserah diri sepenuhnya kepada Allah swt. dengan tidak melupakan usaha serta mengharap ridha allah swt., setelah manusia berusaha dengan sungguh – sunggu sesuai kemampuan disertai doa, kemudian berserah diri kepada Allah. Tawakal bukan berarti hanya menggantungkan nasib kepada Allah tanpa berikhtiar dan berusaha, akan tetapi menyadari bahwa manusia tidak akan mengandalkan usaha yang seolah – olah hasil jerih payah dan usaha semata, tetapi harus diingat bahwa segala sesuatu yang terjadi tidak terlepas dari kekuasaan Allah swt.
Rasulullah saw. Mengajarkan cara bertawakal yang benar, yatu ketika beliau bersama para sahabat dengan kafilah unta. Setelah tiba pada tujuannya ada di antara sahabat yang bergabung dalam rombongan tersebut turun dari unta dan langsung meninggalkan untanya tanpa diikat. Kemudian Rasulullah saw. Menegurnya dengan mengingatkan: “Ikatlah untamu dan bertawakallah”(H.R. Ibnu Hatim).
Beberapa tanda orang beriman terhadap qada dan qadar adalah tampak dalam kehidupannya sehari – hari antara lain sebagai berikut.
1. Selalu berprasangka baik terhadap Allah swt. (berhusnuzan)
2. Selalu meningkatkan ibadahnya kepada Allah swt.
3. Selalu berusaha dan tidak mengenal putus asa.
4. Bersikap optimis dan berkeyakinan bahwa Allah akan memberikan hasil setiap usaha Hamba-Nya jika mau berusaha dengan sungguh – sungguh.
5. Bertawakal kepada-Nya
6. Memiliki sikap dan rasa qana’ah
7. Disiplin dalam setiap aktivitas yang dilakukannya.

Artikel Terkait