Tuesday, 17 January 2017

Mengatasi Error 14 Ketika Custom Domain blogger

Halo sobat, Ini adalah Post Pertama saya di blog IMYID , dan pada kesempatan kali ini akan sedikit sharing cara saya ketika custom domain untuk blog ini. caranya seperti kebanyakan tutorial yang ada dari pakde google, sangat banyak sekali blog yang share cara mereka custom domain blogger, akan
tetapi hanya sebatas cara yang sudah biasa dan tidak membahas apabila ada kesalahan atau error berkelanjutan yang terjadi. Apabila sudah seperti itu bagaimana? Nah di artikel ini saya akan menjelaskan cara apabila terjadi kesalahan terus menerus.  Simak baik-baik ya..


Pernah mengalami Error 13 ? 14 ? Atau 32 ? atau kesalahan lainnya ketika custom domain ? Biasanya ketika sudah setting DNS di registar domain anda, tinggal klik verify saja di blogger setelahnya maka akan langsung berhasil. Lantas bagaimana jika terus menerus error ?. Hal yang pertama anda lakukan jika terjadi hal ini adalah menunggu terlebih dahulu proses propagasi yang mungkin agak telat dalam prosesnya. akan tetapi seharusnya dalam 2-3 menit setelah setting DNS pun biasanya langsung terhubung dan apabila lebih dari satu jam tidak juga terhubung ke blogger ketika klik verify, maka cara yang akan saya jelaskan ini semoga bisa menjadi jalan dan solusinya.

Sebelum menuju ke langkah ini solved error nya saya akan menjelaskan cara custom domain terlebih dahulu. pada dasarnya ada 3 langkah ketika anda berencana mengikuti tutorial ini, yaitu :
1. Menambahkan custom domain di Blogger
2. Mengubah pengaturan DNS (Domain Name System)
3. Update Pengaturan Blogger

Langkah 1. Menambah Domain Custom di Blogger

  1. Login menuju Blogger anda
  2. Pilihlah Blog yang akan di tambahkan domain
  3. Klik Option Setelan > Dasar
  4. Pada bagian Penerbitan klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda - Mengarahkan URL terdaftar Anda ke blog Anda" dan Isikan sesuai domain yang anda punya dengan menggunakan "www." pada bagian depan domain anda. 
  5. Klik Simpan maka akan ada error seperti pada gambar dibawah ini. error numbernya pun berbeda-beda bisa kesalahan 13,14,32 setahuku baru menemukan tiga nomor error.
  6. Perhatikan juga kode DNS yang disorot disana. catat dan simpan pada notepad. Kode tersebut merupakan token untuk verifikasi Kepemilikan yang akan anda gunakan dalam setting DNS di registar tempat domain yang anda punya. 
Langkah 2: Mengubah pengaturan DNS (Domain Name System)
  • Masuklah ke situs tempat domain yang anda punya.
  • Setelah masuk kemudian carilah pengaturan DNS record (Setting DNS)
  • Ambil dua CNAME yang disimpan dari blogger tadi dan tambahkan pada setting DNS.
CNAME Pertama :
Untuk Host Name, Record, Name, Label atau Host, masukkan "www" tanpa tanda kutip dan
Untuk Address, Destination, Target Points atau content, masukkan "ghs.google.com" tanpa tanda kutip. Untuk TTL Isikan 14400 sesuai default. jangan lupa juga untuk Type nya menggunakan CNAME. kemudian Submit/simpan
CNAME Kedua :Lakukan hal yang sama dengan CNAME pertama. Akan tetapi Record dan Contentnya menggunakan kode yang kedua.
  • Tambahkan Juga ke empat A-Record Ini.
  1. 216.239.32.21
  2. 216.239.34.21
  3. 216.239.36.21
  4. 216.239.38.21
  • Setelah Selesai maka Pengaturan DNS akan nampak seperti ini (klik untuk memperbesar)
  • Jika sudah, kembali ke blogger dan Klik Verify apabila berhasil maka error tidak akan muncul kembali. apabila masih error dan ketika klik verify tidak berhasil, maka lihatlah cara mengatasinya dengan menambah verify DNS TXT Record.
Langkah Extra : Jika masih ERROR
  • Silahkan Untuk memverifikasi kepemilikan domain di Google web master dan untuk mengambil TXT Recordnya. Klik Link pada tulisan disana, maka anda akan diarahkan menuju google webmaster.
  • Nah, setelah ini pilihlah registar domain tempat anda membelinya. jika tidak tercantum disana maka pilih "other" kemudian klik verify.
  • Selanjutnya Copy DNS TXT yang tampil dibawah ini kemudian kembali lagi ke "Setting DNS" Pada situs tempat domain anda di daftarkan.
  • Isikan DNS TXT Pada bagian Content, Point, atau target. TTL menggunakan 14400, typenya menggunakan TXT yang lain biarkan kosong, kemudian save. 
  • Jika sudah pastikan settingan kamu akan seperti ini dan lengkap dari dua CNAME, Empat A-Records, dan Satu TXT Record. 
  • Apabila sudah, maka kembali lagi ke blogger kemudian klik Simpan. maka error pun akan hilang.
Langkah 3: Update Pengaturan Blogger
  1. Masuk setelan Blogger Kemudian menuju ke "Penerbitan" Kemudian Edit pada domain yang sudah anda tambahkan. kemudian Alihkan domain. ( samakan dengan gambar )

Pada dasarnya jika melakukan apapun kita dituntut untuk jeli melihat permasalahan agar dapat mengatasinya dengan cara yang tidak pernah terpikirkan. nah sobat, sudah mengerti cara mengatasi Error 14 pada saat custom domain di blogger ? Semoga kalian bisa mengembangkan sendiri ya. banyak jalan menuju roma hehe... Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar ya :) Terimakasih... 

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page