Thursday, 26 January 2017

Memahami Materi Langkah Mengelola Sumber Daya Manusia

Mengelola Sumber Daya Manusia - Pengelolaan sumber daya manusia dimulai dari pengadaan atau rekruitmen calon tenaga kerja, seleksi, orientasi. Pada kesempatan kali ini , Imyid akan membahas tentang bagaimana langkah perusahaan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang bekerja di dalam perusahaan.

Langkah Pengelolaan Sumber Daya Manusia
Langkah-langkah pengelolaan sumber daya manusia yang bekerja didalam perusahaan adalah sebagai berikut.
  • Membuat pengelolaan sumber daya manusia dengan menentukan kebutuhan pegawai atau karyawan dan tujuan yang akan dicapai perusahaan.
  • Mengadakan observasi dan penelitian dengan cara melakukan penyelidikan atau penelitian terhadap keterangan-keterangan yang dikumpulkan sehubungan dengan sumber daya manusia.
  • Menyelesaikan masalah-masalah sumber daya manusia di dalam perusahaan dengan cara menetapkan metode yang diperkirakan ada relevansinya dengan keperluan pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas didalam perusahaan.
  • Berdasarkan hasil pemilihan dan hasil percobaan terhadap sumber daya manusia sebagai pegawai atau karyawan didalam perusahaan, akan ditemukan metode-metode atau alternatif penyelesaian pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai tenaga kerja yang ada di dalam perusahaan
  • Metode-metode yang telah dipilih dan diuji, lalu di evaluasi berdasarkan hasil pengalaman wirausaha dalam mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan.
  • Terakhir, wirausaha melaksanakan metode pengelolaan sumber daya manusia yan sudah ditentukan dengan menetapkan pelaksanaan dan petugas yang ada di dalam perusahaan.

Tujuan Pengelolaan Sumber Daya Manusia
Pengelolaan sumber daya manusia memilik tujuan sebagai berikut.
  • Untuk mendapatkan pegawai atau karyawan dan membinanya dalam rangka mendayagunakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam melaksanakan pekerjakannya.
  • Untuk meningkatkan kreativitas, inovasi prestasi dan keterampilan kerja pegawai atau karyawan di dalam perusahaan.
  • Untuk menciptakan suasana dan hubungan kerja yang lebih baik, harmonis, dan serasi di antara karyawan atau pegawai, baik secara vertikal maupun horizontal.
Pelaksanaan dan Pengelolaan Sumber Daya ManusiaBerikut ini aktivitas-aktivatis yang dilakukan pada tahap pelaksanaan pengelolaan sumber daya manusia.

Latihan dan pendidikan
Latihan dan pendidikan perlu dilakukan sebagai upaya untuk eningkatkan kemampuan dan keterampilan karyawan atau pegawai sehingga dapat mendorong kreativitas, prestasi, stabilitas, produktivitas, dan fleksibilitas tenanga kerja/karyawan, mendorong pertumbuhan pribadi tenanga kerja serta dapat menciptakan kepuasan kerja yang dapat mendorong tumbuhnya semangat dan gairah kerja.
Sasaran yang diharapkan dari adanya latihan dan pendidikan adalah:
1) Pekerjaan diharapkan selesai lebih cepat dan lebih baik,
2) Penggunaan dapat lebih hemat,
3) Penggunaan peralatan dan mesin diharapkan lebih tahan lama,
4) Angka kecelkaan diharapkan lebih kecil,
5) Tanggung jawab diharapkan lebih besar,
6) Biaya produksi diharapkan lebih rendah
7) Kelangsungan perusahaan diharapkan lebih terjamin

Setelah sasaran tersebut tercapai, ada keuntungan tambahan yang bisa diperoleh perusahaan sebagai berikut.
1) Dapat mengurangi pengawasan
2) Dapat meningkatkan rasa harga diri karyawan dan perusahaan
3) Dapat meningkatkan kerja sama antar karyawan
4) Dapat memudahkan pelaksanaan promosi dan mutasi
5) Dapat memudahkan pelaksanaan pendelegasian wewenang
Adapun cara atau sistem pelatihan yang dapat ditempuh antara lain sistem magang, sistem ceramah atau kuliah, sistem peragaan, sistem bimbingan, sistem latihan praktik, sistem diskusi, sistem games atau permainan, dan sistem kombinasi.

Mutasi dan promosi
Mutasi adalah kegiatan dari pimpinan perusahaan untuk memindahkan karyawan dari suatu pekerjaan atau jabatan yang satu ke jabatan yang lain yang dianggap setingkat atau sejajar. Mutasi ini dilakukan untuk mengurangi kejenuhan tenaga kerja sehingga dapat mempertahankan semangat, produktivitas dan prestasi kerja.
Tujuan mutasi secara lebih rinci adalah sebagai berikut.
1) Persiapan untuk promosi.
2) Mengusahakan orang yang tepat pada tempat yang tepat.
3) Meningkatkan kerjasama kelompok.
4) Meningkatkan semangat dan kegairahan dalam bekerja.
5) Menciptakan persaingan yang sehat.
6) Agar dapat saling mengganti.
7) Mengurangi labour turn over

Promosi adalah proses pemindahan pegawai atau karyawan dari suatu pekerjaan atau jabatan yang satu ke jabatan lain yang lebih tinggi tingkatannya (kenaikan pangkat/jabatan). Promosi dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada tenaga kerja untuk mengaktualisasikan diri ( mengembangkan diri )dengan memberikan tantangan dan tanggung jawab yang lebih besar.
Adapun pertimbangan dalam promosi antara lain sebagai berikut.
1) Perlu diperhatikan syarat-syarat tertentu seperti pengalaman, tingkat pendidikan, loyalitas dan kejujuran.
2) Agar dalam pelaksanaan promosi, moral yang tinggi selalu terjaga, maka hendaknya ditetapkan syarat-syarat promosi dengan tegas dan jelas.
3) Agar promosi yang dilakukan tidak terjadi kesalahan maka evaluasi harus dilakukan secara rutin, lengkap, dan objektif.
Dalam pelaksanaannya promosi dapat dilakukan dari dalam dan dari luar. Promosi dari dalam, yaitu promosi yang dilaksanakan di antara para karyawannya sendiri. Sedangkan promosi dari luar adalah pengisian jabatan atau tempat yang sebelumnya tidak menjadi karyawan dari perusahaan tersebut.

Pemberian motivasi
Motivasi adalah suatu perangsang atau pendorong bagi karyawan atau pegawai agar bekerja lebih giat dan produktif. Cara pemberian motivasi kepada karyawan atau pegawai antar lain sebagai berikut.
1) Pemberian isentif semi-material
2) Pemberian insentif material
3) Pemberian insentif immateral
4) Kebijakan pemberhentian tenaga kerja
Related search: Pengertian mutasi, arti mutasi, pengertian promosi pekerjaan, arti dari promosi pekerjaan, langkah pelaksanaan dan pengelolaan sumber daya manusia, pengertian motivasi, yang dimaksud motivasi, tujuan pengelolaan sumber daya manusia atau SDM

Artikel Terkait