Wednesday, 25 January 2017

Ayat Alquran mengenai pengembangan IPTEK

Tags

Diera digital dengan banyaknya kemajuan dibidang Ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya informasi dan komunikasi mengharuskan kita paham dengan cara menggunakannya dengan baik dan sesuai norma, kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk mencari ilmu akan teknologi akan tetapi dengan kaidah-kaidah yang tepat dalam menyikapinya. pada kesempatan kali ini IMYID memberikan sebuah materi tentang ayat-ayat Al-Quran yang berhubungan erat dengan Iptek serta kandungan ayatnya juga dilengkapi dengan cara kita sebagai muslim dalam menyikapinya.. 



Ayat-ayat Alquran tentang pengembangan Iptek - Allah yang Maha Pencipta telah menciptakan alam semesta ini. Segala ciptaan Allah tak ada yang sia-sia. Untuk itu manusia harus dapat mengambil manfaat darinya dengan bijaksana. Agar dapat memanfaatkan alam ini, manusia harus memiliki ilmu. Itulah sebabnya banyak ayat dalam al-Quran yang erisi perintah untuk menuntut ilmu dengan memerhatikan alam semesta, mengambil hikmah darinya dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bijaksana.

SURUH YUNUS AYAT 101

1. Bacaan Surah Yunus Ayat 101


قُلِ انظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَا تُغْنِي الْآيَاتُ وَالنُّذُرُ عَن قَوْمٍ لَّا يُؤْمِنُونَ

Artinya:
Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan yang ada di bumi, tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang member peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”.

2. Kandungan yang terdapat dalam Q.S. Yunus : 101
a. Tanda-tanda kebesaran, Alloh swt telah jelas. Hal tersebut telah dijelaskan dalam ayat qauliah maupun kauniyah. Semuanya akan dapat menjadi pelajaran dan renungan bagi orang-orang yang berpikir dan terlebih bagi orang beriman.
b. Manusia diperintahkan oleh Alloh swt. untuk memerhatikan tentang keadaan, kejadian, kemegahan alam semesta ini. dengan akal budinya, manusia disuruh merenungkan keajaibannya, misalnya langit yang penuh dengan berjuta bintang yang gemerlapan, matahari bersinar sangat terang, bulan yang berjalan diatas garis edarnya masing-masing atas perintah dan ketetapan Alloh swt. Dengan air hujan, Alloh menghidupkan bumi yang telah mati dengan beraneka macam tumbuhan, beraneka macam buah, serta beragam pula isi, rasa, dan warnanya. Dengan potensi akalnya, manusia disuruh menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuannya lewat ayat-ayat Allah tersebut.
c. Seluruh keadaan alam dan seluruh peristiwa yang ada tidak akan dapat mengubah orang-orang yang tidak beriman menjadi beriman kepada Alloh, mereka sama saja, tetap tidak akan beriman kepada Allah swt., lantaran jiwa mereka tidak berfungsi.

3. Sikap dan perilaku yang diharapkan yang tercermin dalam Q.S. Yunus ayat 101
a. Meyakini bahwa semua yang diciptakan oleh Allah swt. bermanfaat bagi umat manusia
b. Suka mengadakan penelitian terhadap semua kejadian yang ada di langit dan di bumi, sehingga dapat mengambil pelajaran untuk kemaslahatan sesama manusia.
c. Berusaha mencari dan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang berasal dari langit (seperti hujan) dan yang berasal dari bumi (misalnya banjir) dan mengambil jalan keluarnya atau solusinya, karena manusialah yang diberikan tugas oleh Allah untuk mengatur, memelihara, dan memanfaatkan, sebaik-baiknya dengan tidak merusaknya, karena itu manusia sebagai khalifatu fil ardhi

SURAH AL-BAQARAH AYAT 164

1. Bacaan Surah Al-Baqarah Ayat 164

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِن مَّاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya :
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar dilaut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi. terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

2. Isi kandungan surat Al-Baqarah ayat 164
a. Allah menciptakan langit dan bumi dengan membawa manfaat pada makhluk-Nya, khususnya manusia, seperti menjadikan malam dan siang, dan menciptakan lautan lepas,sehingga kapal dapat berlayar.
b. Allah menciptakan langit dan mengatur turunnya hujan sehingga dengan hujan tumbuh berbagai jenis tumbuhan untuk kesejahteraan semua makhluk-Nya khususnya manusia.
c. Sesungguhnya dari semua ciptaan tersebut merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang yang bersyukur.
d. Allah menciptakan di bumi segala jenis hewan dan menciptakan perkisaran angin serta awan yang terkendali di antara langit dan bumi.
e. Agar manusia menjadi orang yang selalu menggunakan pikirannya. Orang yang telah menggunakan pikirannya berarti telah dapat mengambil manfaat dari pemikirannya tersebut.
3. Menunjukan Sikap yang mencerminkan Q.S. Al-Baqarah ayat 164
a. Senantiasa mensyukuri nikmat Allah atas semua anugerah-Nya, karena hanya Allah-lah yang maha memberi kehidupan dan penghidupan ini.
b. Rahmat Allah swt., terbentang dari langit dan bumi, dan manusia diperintahkan agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya, serta mengadakan penelitian tentang proses penciptaan langit dan bumi
c. Manusia diperintahkan untuk merenungkan atas pemanfaatan yang telah dianugerahkan Allah swt., sehingga akhirnya akan menambahkan rasa taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah swt.).
d. Manusia akhirnya sadar, betapa kecil dan kerdil dirinya dibandingkan dengan kekuasaan dan ilmu Alloh, sehingga ia tidak akan menyombngkan diri terhadap sesamanya ataupun terhadap makhluk lainnya.
e. Melaksanakan perintah-perintah Allah serta menjauhi larangannya.

Nah itulah materi mengenai Ayat-ayat Alquran yang berhubungan erat dengan pengembangan IPTEK, jika sobat perlu dengan File document mengenai materi diatas, sobat dapat mendownloadnya di bawah ini : 
Semoga Bermanfaat ya sobat.... 

Related Search Tags: Kandungan yang terdapat dalam Q.S. Yunus : 101, Sikap dan perilaku yang diharapkan yang tercermin dalam Q.S. Yunus ayat 101, Sikap dan perilaku yang diharapkan yang tercermin dalam Q.S. Yunus ayat 101, Sikap yang mencerminkan Q.S. Al-Baqarah ayat 164, Islam dan Ilmu pengetahuan, Teknologi dalam islam dan cara menyikapinya.

Artikel Terkait