Saturday, 21 January 2017

Menentukan Gagasan Pokok, Simpulan, Istilah dan Kalimat Penjelas

Halo sobat semua, Menjelang Ujian Nasional pasti sobat semua mencari beberapa referensi tambahan pengetahuan untuk melengkapi bekal mengerjakan UN kan? nah kali ini IMYID akan memberikan beberapa referensi materi mengenai cara menentukan gagasan pokok, menentukan Simpulan, Makna Istilah dan Kalimat Penjelas beserta beberapa contoh soal yang semoga bermanfaat bagi sobat semua..



1. Menentukan Gagasan pokok

Gagasan pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/implisit atau kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama. Gagasan pokok merupakan gagasan yang menjiwai paragraf. Mencarinya sangat mudah ditemukan dengan menjawab pertanyaan seperti ini “ paragraf tersebut membahas mengenai apa?” apabila anda menemukan jawabannya, maka itulah pokok masalah atau gagasan pokok yang sedang anda cari.

Contoh:

(1)Perayaan tahun baru yang berlangsung meriah di jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. (2) Satu diantara persoalan tersubut ialah rusaknya sejumlah taman di kota jakarta. (3) Kerusakan taman ini seperti terlihat di kawasan Monumen Nasional (Monas) jakarta. (4) Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung. (peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian puluhan juta rupiah)

Pertanyaanya : Kalimat utama paragraf diatas adalah nomor ?
Jawaban : (1)
Pembahasan: Kalimat utama merupaka kalimat yang isinya bersifat umum serta didukung dengan kalimat penjelas. Dalam paragraf, kalimat utama biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf.

2. Menentukan Simpulan

Apakah anda tahu apa itu simpulan ? Simpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan atau kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. Pada intinya, simpulan sendiri tidak harus baku dan sama sesuai paragraf dari deskripsi persoalan, melainkan lebih kepada pendapat pribadi akan tetapi tetap sesuai dengan pokok pembahasan.

Contoh:

Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalu tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis dietpun bermacam-macam, ada diet yang lebih mementingkan pada konsumsi daging, ada pula diet buah-buahan yang membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi. Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan...

Pertanyaan: Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf diatas adalah...
Jawaban : Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif.
Pembahasan : Kalimat-kalimat pada paragraf diatas sebelumnya menjelaskan tentang bermacam-macam iklan yang menawarkan produk dan jasa menurunkan berat badan. Jadi simpulan yang paling tepat adalah “Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif”

3. Makna Istilah

Kata merupakan satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, bisa diujarkan sebagai bentuk bebas, Sedangkan istilah adalah merupakan gabungan dari kata yang dengan cermat mengungkapkan suatu konsep dan keadaan atau sifat yang khusus dalam suatu bidang tertentu.

Istilah ada yang berupa kata ada pula yang berupa idiom atau ungkapan. Idiom ialah gabungan kata yang dapat membentuk kesatuan arti baru sehingga sering kali tidak dapat ditelusuri artinya berdasarkan arti unsur pembentuknya. Ungkapan adalah kelompok kata atau perkataan yang bersifat tetap dan digunakan untuk menyatakan suatu maksud dengan arti kiasan.

Contoh:

Dalam peninjauan realisasi PNPM Mandiri Provin Jawa Barat Kota Bogor, beberapa waktu yang lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan rasa keprihatinannya atas iklan politik yang mengangkat sebuah tema angka kemiskinan. Menurut presiden, iklan tersebut tidak proporsional dan cenderung mendiskreditkan pemerintah..

Pertanyaan : Makna istilah mendiskreditkan pada teks di atas adalah ....
Jawaban : Makna istilah mendiskreditkan adalah berusaha untuk menjelekkan atau memperlemah kewibawaan pemerintah.

4. Kalimat penjelas

Kalimat penjelas adalah merupakan pernyataan khusus, sebuah perincian atau bagian-bagian penting yang menunjang atau menjelaskan kalimat utama.

Contoh :

(1)Greenland adalah sebuah pulau yang permukaannya memiliki berkilo-kilometer persegi salju atau es. (2)Greenland ini juga merupakan salah satu penyimpanan es terbesar di bumi setelah Antartika. (3)Menurut riset para ilmuan, Greenland terkena imbas dari pemanasan global, yaitu mencairnya permukaan. (4)Para ilmuan memperkirakan jika es di greenland terus mencair maka permukaan laut akan naik dan dapat membanjiri daerah pesisir pantai. (5)Apabila itu terjadi, maka orang-orang yang tinggal di tepi pantai akan melihat betapa indahnya pemandangan yang anda di greenland.

Pertanyaan : Kalimat Sumbang yang terdapat pada paragraf diatas adalah ...
Jawaban : No 5.
Pembahasan : Pada paragraf diatas menjelaskan akibat apabila greenland mencair akan menyebabkan naiknya permukaan air laut sehingga masyarakat yang tinggal di tepi pantai akan terkena kenaikan air laut, tetapi pada paragraf no lima membahas keindahan greenland, jadi tidak relevan atau sumbang.

Nah gimana Sobat ? sudah mengerti tentang penjelasan mater-materi diatas, jika kalian perlu filedocument tentang materi di atas kalian dapat mendownloadnya disini :
Semoga bermanfaat ya ....

Tags: Kisi-kisi Ujian Nasional dan Model Soal Bahasa Indonesia , Menentukan Gagasan Pokok, Simpulan, Makna Istilah dan Kalimat Penjelas, Materi UN kelas 3 SMA, Bahasa Indonesia 3 SMA, contoh soal tentang mencari kalimat utama

Artikel Terkait