Monday, 30 January 2017

Belajar Listrik Statis Bagian Materi Muatan Listrik

Listrik statis - Cat semprot atau spray paint, yang apabila di Indonesia terkenal dengan nama dagang pylox merupakan salah satu contoh aplikasi dari listrik statis di kehidupan. Dalam penggunaan cat semprot menggunakan manfaat listrik statis untuk benda yang akan di semprot dan cat semprot sehingga akan tertarik satu sama lain. Cat akan menempel pada benda tersebut menjadi lebih efektif dan hasilnya pun bagus.

Listrik Statis
Pelajaran listrik statis merupakan pelajaran yang membahas tentang muatan listrik yang untuk sementara diam pada suatu benda. Kajian tentang listrik statis pertama kali dilakukan oleh seseorang matematikawan Yunani kuno bernama Thales of Miletus (625 - 574 SM). Ia menggosokan batu ambar pada kain wol dan mendekatkannya pada benda ringan, seperti bulu ayam. Saat itu, bulu ayam tersebut terbang kemudian menempel pada batu ambar. Dari kata batu ambar inilah nama listrik berasal. Listrik (electricity) diambil dari kata elektron, yang dalam bahasa Yunani berarti batu ambar.

Muatan Listrik
Atom sebagai unsur penyusun zat pada dasarnya tersusun dari partikel - partikel yang sangat kecil,disebut partikel sub atom. Terdapat tiga jenis partikel subatom yang penting dan perlu kita kenali, yaitu proton, neutron dan elektron. Subpartikel yang memiliki sifat yang sama, yaitu proton dan elektron, kemudian disebut sebagai muatan listrik. Besar muatan listrik proton dan elektron adalah sama, tetapi jenisnya berbeda. Besarnya muatan negatif atau (elektron) sama juga dengan besarnya muatan positif atau (proton) dan tidak ada lagi muatan yang lebih kecil dari kedua muatan partikel ini, sehingga seringkali disebut dengan satuan dasar muatan (e). Besarnya satuan dasar muatan listrik e adalah

 e=1,60 x 10-19 C

Muatan listrik ini pertama kali ditemukan oleh Benjamin Franklin. Ia kemudian memberikan tanda (+) atau (-) pada muatan listrik yang tak mengandung fisis. Jenis  muatan proton adalah (+), neutron adalah netral, dan elektron adalah (-).

Sifat - sifat yang dimilik muatan listrik adalah:
A. Muatan listrik yang sejenis (negatif dengan negatif atau positif dengan positif) jika didekatkan akan saling tolak - menolak.
B. Muatan listrik yang tidak sejenis (negatif dengan positif) jika didekatkan akan saling tarik  menarik.
Muatan listrik seperti udara yang tidak dapat dilihat, akan tetapi bisa dirasakan. Akibatnya, penelitian tentang muatan listrik hanya dapat dilakukan berdasarkan efek reaksi yang ditimbulkannya. Alat yang digunakan untuk mengetahui adanya muatan listrik disebut elektroskop. Salah satu jenis elektroskop yang sering digunakan adalah elektroskop daun. Bagian penting elektroskop daun yaitu sebuah tangkai logam dari bagian logam berbahan kuningan dengan ujung bawah yang berbentuk pipih. Pada ujung ini ditempatkan dua helai logam yang sangat tipis yang terbuat dari bahan alumunium atau emas, biasa disebut dengan bagian daun. Ujung atas berbentuk cakram atau bola yang berfungsi sebagai penghantar muatan dan kotak kaca.
Sifat elektroskop itu seperti berikut.
1. Jika benda bermuatan positif didekatkan pada sebuah elektroskop netral maka di bagian kepala elektroskop it berkumpul muatan negatif dan di bagian daunnya berkumpul muatan positif. Ini menyebabkan daun elektroskop akan mengembang.
2. Apabila benda bermuatan positif didekatkan dengan sebuah negatif maka pada bagian kepala elektroskop akan berkumpul muatan negatif dan di bagian daunnya itu tidak ada muatan. Ini akan menyebabkan daun elektroskop menguncup.
3. Apabila benda bermuatan positif didekatkan juga pada sebuah elektroskop positif maka pada bagian kepala elektroskop tidak ada muatan dan di bagian daunnya berkumpul muatan positif. Ini menyebabkan daun elektroskop akan mengembang.
Related search: Sifat-sifat elektroskop adalah, sifat-sifat yang dimilik muatan listrik adalah, pengertian atom, contoh listrik statis dalam kehidupan, penemu listrik statis.

Artikel Terkait